Apa jenis Kertas yang baik dan Murah untuk cetak Brosur?

Rigih Sabtu, 29 Desember 2012
Apa jenis Kertas yang baik dan Murah untuk cetak Brosur. Sobat maniax, anda yang saat ini sedang memulai usaha offline seperti makanan, pakaian dan lain sebagainya, pasti akan memerlukan media promosi. Salah satu media promosi yang paling ampuh dan bisa membuat orang mengingatnya adalah Brosur. Namun sayangnya untuk mencetak brosur ini anda tidak bisa hanya sekedar memesan 50 - 100 lembar saja, melainkan harus ribuan dengan standar minimal 1000 lembar, agar bisa mendapatkan harga yang pantas (murah).

Padahal anda baru saja membuka usaha anda dan tentu saja brosur awal perkenalan mungkin diperlukan sekitar beberapa ratus saja dan kemudian bisa jadi anda merubah desain brosur tersebut menjadi lebih update. Nah dari sinilah mungkin anda kemudian memutuskan untuk mencetak brosur sendiri dengan menggunakan printer pribadi, tapi sayangnya anda hanya menggunakan kertas biasa yang jika terkena air maka warna akan luntur. Nah supaya tidak luntur, Apa jenis Kertas yang baik dan Murah untuk cetak Brosur? Saya akan sedikit membahasnya disini (karena saya sendiri juga masih amatir :p)


Banyak jenis kertas yang ada diluar sana dan itu cukup membuat bingung orang yang akan membelinya jika mereka tidak tahu pasti apa fungsi dan kegunaan dari kertas itu sendiri. Termasuk Kertas untuk Brosur pun banyak sekali jenisnya, jujur saya sendiri sampai pusing... sampai akhirnya saya menemukan solusi kertas brosur yang murah dan ternyata tidak luntur apabila terkena air. Kertas untuk Brosur itu adalah Inkjet Paper A4 130 gsm yang pertama kali saya beli di Plaza Marina Surabaya.

Perlu anda tahu, beberapa syarat Kertas Brosur yang baik adalah : 
  1. Ukurannya lebih tebal dari kertas biasa
  2. Bagian depan kertas licin dan halus (tidak seperti glossy yang lengket)
  3. Bagian belakang kertas sedikit lebih kasar dari bagian depan
  4. Tidak luntur apabila terkena air
Dan saya menemukan beberapa kriteria itu pada Inkjet Paper A4 130 gsm ini. Saya bahkan sudah membuktikan sendiri dengan mencetaknya lalu menetesinya dengan air lho, yang ternyata setelah saya tunggu beberapa saat sampai agak kering, warna kertas itu tidak luntur dan tetap bagus. Kertas Brosur Inkjet Paper A4 130 gsm bermerk D'sain (kalau ngga salah baca) ini saya beli pada bulan Desember 2012 dengan harga Rp. 30.000 / paket yang berisi 100 lembar kertas. Jujur saya pribadi juga merasa agak kemahalan dengan harga ini, jadi saya tetapkan saja harga ini adalah harga termahal dari Inkjet Paper A4 130 gsm. Nah harga ini nantinya bisa menjadi referensi anda dalam mencari kertas Inkjet Paper A4 130 gsm dengan merk yang sama ataupun berbeda.

Nah sudah terjawabkan Apa jenis Kertas yang baik dan Murah untuk cetak Brosur? Mohon maaf kalau jawaban saya kurang memuaskan atau hanya cenderung pada satu jawaban saja, karena memang saya masih amatir dan saya hanya menemukan jenis kertas ini yang murah namun cocok untuk cetak Brosur. Semoga bermanfaat sobat. :)
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar